Affiliate Program ”Get Money from your Website”
Cara Cari Uang di Internet Saya ingin memperkenalkan Anda ke situs web yang baru-baru ini saya temukan untuk menghasilkan uang banyak di Internet. Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, dan tidak hanya hari atau minggu, tetapi untuk bulan dan bulan, menghasilkan banyak uang tunai. dari $ 0,00 berinvestasi - menghasilkan $ 780,00 sehari-hari. Ini cara nyata dan mudah untuk membuat keuntungan online. Buka link di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut: http://www.fast2earn.com/-82343/3759.htm Salam, hilal alhabib

Rangkuman Buku TIK Bab 3

3.1 Perangkat untuk Mengakses Internet

Agar dapat terhubung dengan internet, sebuah komputer harus dilengkapi dengan perangkat-perangkat keras sebagai alat komunikasi computer dengan internet dah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di internet. Selain itu, agar dapat terkoneksi dengan internet, kita harus menggunakan layanan koneksi internet dari sebuah perusahaan jasa layanan internet.


3.1.1 Internet Service Provider

Koneksi ke internet membutuhkan insfratuktur yang sangat mahal, oleh karena itu tidak mungkin dibuat oleh pengguna peroarangan. Kemudian muncul perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk membangun insfratuktur tersebut. Perusahaan tersebut menjual jasa layanan koneksi ke internet. Perusahaan itu disebut Internet Service Provider (ISP).

Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP, yaitu :

1.      Kecepatan transfer data
Kecepatan transfer data dari sebuah computer server di internet ke computer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps). Artinya, banyak bit data yang dapat kita indahkan dari satu computer ke computer lain dalam satu detik.

2.   Bandwidth
                  Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer.

3.   Memiliki server proxy
                  Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat faforit pelanggan.

4.   Memiliki backbone
                  Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.

5.   Keamanan data

6.   Layanan yang diberikan

7.   Biaya

8.   Hardware

9.   Teknologi yang digunakan.
           
3.1.2 Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

1.   Melalui Koneksi Dial-Up
                  Ada 2 perangkat yang dibutuhkan, jika kita menghubungkan internet melalui Dial-Up, yaitu saluran telepon dan modem. Saluran telepon dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya.
            Keuntungan modem internal adalah harganya yang lebih murah dan kelemahannya adalah hanya bisa digunakan untuk 1 komputer, yaitu computer yang didalamnya terdapat modem tersebut. Keuntungan modem external adalah pemasangannya yang lebih mudah dan dapat dipindah dari 1 komputer ke computer yang lainnya namun kelemahannya modem external adalah harganya yang relative lebih mahal.

2.   Melalui Teknologi ADSL
                  ADSL atau Asymmetrical Digital Subscriber Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon. Hal ini memungkinkan ADSL dapat dikirimkan melalui jalur telepon biasa tanpa mengganggu pelayanan telepon.
                  Bila kita mengakses internet menggunakan ADSL,kita harus mempunyai sebuah modem ADSL, jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL.

3.   Melalui Jaringan LAN
                  Caranya adalah dengan menghubungkan computer kita ke computer yang sudah terhubung dengan internet. Agar dapat dihubungkan dengan computer server di LAN (Local Area Network), computer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Selanjutnya, untuk menghubungkan computer yang satu dengan computer lainnya, kita membutuhkan kabel UTP.

4.   Melalui Jaringan GPRS
                  GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS memungkinkan pengriman data sampai pada kecepatan 115 kbps.
                  Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan GPRS dan layanan GPRS tersebut telah diaktifkan di handphone kita.

5.   Melalui Jaringan WiFi
            WiFi atau Wireless Fidelity adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.



6.   Menggunakan Jaringan TV Kabel
                  Bila kita mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, antari lain:
     
1.      Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet.
2.      Perangkat computer standar yang sudah dilengkapi dengan system operasi dan browser yang mendukung untuk internet.
3.      Cable Modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV kabel.
4.      Ethernet Card.

7.   Menggunakan 3G
                  Teknologi telekomunikasi generasi ketiga (3rd generation) atau lebih populer dengan nama 3G adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Kecepatan 3G dirancang sebesar 2 Mbps.
                  Jika kita menggunakan 3G, kita membutuhkan sebuah handphone yang dilengkapi teknologi 3G dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan 3G. Nomor handphone kita pun harus sudah terdaftar sebagai pelanggan 3G.


3.1.3 Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet.

1.      Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
2.      Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
3.      mIRC, Yahoo Messenger, dan ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
4.      Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.



3.2 Menyiapkan Komputer

            Pada bagian ini, kita akan mempelajari cara menyiapkan komputer agar dapat terhubung dengan internet. Yang harus di lakukan pertama-tama adalah menginstall modem. Proses penginstallan modem dilakukan dengan menggunakan driver. Driver tersebut berupa file-file yang akan memuat system operasi di komputer kita dapat mengenali modem yang dipasang. Biasanya, driver tersebut disertakan dalam sebuah disket atau CD yang akan diberikan dalam satu paket bersama-sama dengan modemnya.
Setelah itu, pasti kebanyakan orang menginstall aplikasi untuk chatting, sepertimIRC atau Yahoo Messenger. Kita akan mendalami tentang Yahoo Messegerdi bab 8.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar