Affiliate Program ”Get Money from your Website”
Cara Cari Uang di Internet Saya ingin memperkenalkan Anda ke situs web yang baru-baru ini saya temukan untuk menghasilkan uang banyak di Internet. Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, dan tidak hanya hari atau minggu, tetapi untuk bulan dan bulan, menghasilkan banyak uang tunai. dari $ 0,00 berinvestasi - menghasilkan $ 780,00 sehari-hari. Ini cara nyata dan mudah untuk membuat keuntungan online. Buka link di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut: http://www.fast2earn.com/-82343/3759.htm Salam, hilal alhabib

Rangkuman Buku TIK Bab 1

1.1 Apa Itu Internet?

            Internet merupakan singkatan dari Interconnection Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung. Internetadalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.
            Ada 2 peranan internet yang sangat penting, yaitu (1) Sebagai sumber data dan informasi, dan (2) Sebagai sarana pertukaran data dan informasi.

1.2 Berbagai Aplikasi Internet

            Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
            Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping.

World Wide Web

adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML). HTML memiliki kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yang dibuat dengan menggunakan HTML figunakan untuk menyimpan informasi. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.

Electronik Mail (E-Mail)

adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.

Mailing List

adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertuker informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Newsgroup

adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.


  Internet Relay Chat

adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet.

File Transfer Protocol

adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke / dari kompater lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

Telnet

adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (user IDdan password) ke komputer tersebut.

Gopher

adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk menggunakannya, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.

Ping

adalah singkatan dari Packet Internet GopherPing digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

            Dari aplikasi-aplikasi yang ada di internet, maka sampai saat ini kegunaan internet yang dapat kita rasakan adalah sebagai berikut.

1.      Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini didapatkan dengan menggunakan aplikasi e-mailwww,newsgroupFTP, dan Gopher.
2.      Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya, koran nasional dapat dicetak di daerah, koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya.
3.      Sebagai media promosi.
4.      Sarana komunikasi interaktif, seperti pada e-mail, dukungan pelanggan dengan www, konferensi video, IRC, telepon via internet.
5.      Sarana penelitian dan pengembangan (Research and Development).
6.      Sarana untuk mempertukarkan data.

  

1.3 Sejarah Perkembangan Internet
Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan softwarekomputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat ituDepartemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of California, Santa BarbaraUniversity of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan namaDARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Daftar kejadian penting
Tahun
Kejadian
Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa,Sputnik.
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an
Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an
ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research InstituteUniversity of California, Los AngelesUniversity of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
Jaringan Tymnet dibuat.
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dariInggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Bolt, Beranet & Newman (BBN), perusahaan kontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom TruscottJim Ellisdan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mailmailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dariPurdue UniversityUniversity of WashingtonRAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation(NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982
Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1.4 Pemanfaatan Internet untuk Bisnis
            Kemampuan dan keandalan internet memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan. Kemampuan inilah kemudian dimanfaatkan untuk menunjang bisnis yang digeluti oleh berbagai perusahaan atau organisasi. Beberapa aplikasi yang memanfaatkan internet, antara lain :
1.      Perdagangan secara elektronik
2.      Internet banking
3.      Belajar jarak jauh
Ada beberapa factor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain sebagai berikut :
1.      Institusi Penyelenggara
2.      Pengajar
3.      Siswa
4.      Teknologi
1.5 Keamanan Data dalam Transaksi di Internet
Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjagatransaksi yang aman melalui toko online & internet banking adalah sebagai berikut :
1.      Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data kita ditak jatuh ke tangan orang lain.
2.      Setelah selesai menggunakan layanan toko online atau internet banking, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (logout) sebelum menutup browser atau meninggalkan komputer yang digunakan.
3.      Kita tidak boleh meninggalkan komputer jika kita sedang login di internet banking.
4.      Komputer kita harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencuri data-data kita.
5.      Gunakan hanya komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan komputer yang biasa diakses oleh internet orang lain, seperti warnet.
6.      Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar