Affiliate Program ”Get Money from your Website”
Cara Cari Uang di Internet Saya ingin memperkenalkan Anda ke situs web yang baru-baru ini saya temukan untuk menghasilkan uang banyak di Internet. Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, dan tidak hanya hari atau minggu, tetapi untuk bulan dan bulan, menghasilkan banyak uang tunai. dari $ 0,00 berinvestasi - menghasilkan $ 780,00 sehari-hari. Ini cara nyata dan mudah untuk membuat keuntungan online. Buka link di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut: http://www.fast2earn.com/-82343/3759.htm Salam, hilal alhabib

Rangkuman Buku TIK Bab 7

A1. Mesin Pencari

Mesin Pencari (search engine) adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencarimempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.
Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut algoritma pencarian.
            Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut.
1.        Kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukkan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian.
2.        Tombol pencarian untuk menjalankan perintah pencarian.

Informasi di internet setiap hari terus berubah & bertambah. Oleh karena itu, sebuah mesin pencari harus memperbarui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini, mesin pencari dilengkapi oleh sebuah program yang berfungsi seperti robot, karena dapat bekerja sendiri tanpa dijalankan / diperintahkan. Program tersebut disebut dengan spiderbot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program tersebut akan menjelajahi internet, membaca dokumen-dokumen yang ada, meringkasnya, dan kemudian menyimpan di database dengan menggunakan system pengindekan.

Ketika kita melakukan pencarian informasi di internet, komputer kita akan mengirimkan kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang digunakan. Server mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen yang ada di database. Hasil pencarian tersebut kemudian disusun berdasarkan tingkat kesesuainnya dengan kata kunci pencarian. Komputer server mesin pencari kemudian mengirimkan hasil pencarian ke komputer kita. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dengan hasil up to date.

            Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan andal, yaitu :

1.        Mempunyai database yang besar dan sering diperbarui.
2.        Tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3.        Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.

Berikut adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan.
1.        Google         (www.google.com)
2.        Yahoo         (www.yahoo.com)
3.        Altavista       (www.altavista.com)
4.        Lycos           (http://lycos.com/)pencarian
A2. Mesin Pencari Google

            Google mempunyai kemungkinan untuk melalukan pencarian super cepat. Hal ini disebabkan Google mempunyai perangkat keras dan dukungan perangkat lunak yang canggih. Google mempunyai algoritma pencarian yang sangat efisien, yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer mesin pencari.
            Mesin pencari Google mempunyai sebuah system yang bekerja untuk mengurutkan halaman web yang disebut PageRank. Sistem tersebut dikebangkan oleh pendiri Google: Larry Page dan Sergey Brin di Stanford University. Google memungkinkan kita mencari lebih dari 1 juta alamat URL di internet.
            Google menyiman banyak halaman web di web cache (halaman tersimpan). Namun kelemahannya, informasi di web cache sering kali tidak up to date.
            Selain itu, Google juga dilengkapi dengan layanan pencarian dalam berbagai bahasa.


A3. Halaman Hasil Pencarian

            Pencarian dengan mesin pencari akan menampilkan daftar dokumen di halaman web hasil pencarian. Jumlah halaman hasil pencarian ditentukan oleh berapa banyak dokumen yang harus ditampilkan sebagai hasil pencarian. Secara default, Google akan menampilkan dua puluh daftar dokumen setiap halaman hasil pencarian. Kita dapat mengatur jumlah daftar tersebut sesuai dengan keinginan kita.


A4.Mencari dengan kata Tertentu

Proses pencarian dengan mesin pencari dilakukan dengan menggunakan kata kunci pencarian yang kita masukan sebagai acuan. Kata kunci yang dimasukan dapat terdiri dari satu kata atau lebih. Kata yang dimasukan dapat juga berupa frasa.
Mesin pencari Google tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dari kata kunci pencarian yang dimasukan. Contoh, kata kunci “Pantai”, “PanTai”, dan “PaNtAi” akan memberikan hasil yang sama.
Dalam melakukan pencarian, Google akan mengabaikan kata-kata umum, seperti kata “dan”, “yang”, dan sebagainya. Hal tersebut berlaku juga untuk pencarian dalam bahasa inggris. Google akan mengabaikan kata-kata umum, seperti “is”, “would”, “and”, dan sebagainya.

Berikut ini ditunjukan langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan kata tertentu.

1.      Jalankan Internet Explorer. Kemudian di kotak Address bar, ketiklah alamat website mesin pencari yang kita gunakan, misalnya www.google.com. Kemudian klik tombol Go atau tekan tombol enter di keyboard. Tunggulah sampai website google ditampilkan.
2.      Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela browser, ketiklah kata kunci, misalnya “Pantai” di kotak teks pencarian. Tekanlah tombol Mesin cari Google atau tekan tombol enter di keyboard. Tunggulah sampai hasil pencarian ditampilkan.
3.      Hasil pencarian akan ditampilkan.
4.      Jika kita merasa hasil pencarian masih terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata ganti yang baru dan lebih focus, misalnya kata “Pantai Kuta”. Klik tombol Mesin cari Google atau tekan tombol enter di keyboard.
5.      Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan.


A5. Pencarian Menggunakan Frasa

            Kadang kala kata kunci pencarian yang digunakan dapat berupa frasa. Frasa adalah gabungan beberapa kata yang membentuk satu arti.

            Mencari informasi dengan menggunakan kata kunci berupa frasa dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1.      Tampilkan mesin pencari Google di browser.
2.      Ketikan frasa yang hendak dicari dalam kotak pencarian dengan memberi tanda kutip (“) di depan dan di belakang frasa tersebut, misalnya “batu ginjal”.
3.      Klik tombol Mesin Pencari Goole atau tekan tombol Enter di keyboard untuk mengaktifkan proses pencarian.
4.      Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen yang berisi frasa batu ginjal.

Selain dengan penambahan tanda kutip (“) secara manual seperti diatas, kita juga dapat melakukan pencarian frasa dengan menggunakan Pencarian Canggih (Advance Search).

Langkah-langkah untuk melukannya adalah sebagai berikut.
1.      Klik teks link Pencarian Canggih pada halaman depan Google. Halaman Pencarian Canggih Google akan di tampilkan.
2.      Ketikan frasa yang hendak dicari ke dalam kotak teks dengan fasa yang tepat.
3.      Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol Enter untuk memulai proses pencarian.
4.      Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumenyang berisi frasa “batu ginjal”.

A6. Menggunakan Fungsi Pengecualian

            Pada saat melakukan pencarian, kadang muncul kata-kata pengganggu yang mebuat pencarian menjadi tidak focus. Misalnya saja, kita ingin mengadakn penelitian tentang “kupu-kupu”. Namun pada saat pencarian, kata “kupu-kupu malam” ikut dalam pencarian. Akibatnya pencarian kita menjadi tidak fokus.

            Langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan menghilangkan kata pengganggu adalah sebagai berikut.

1.      Tampilkan mesin pencari Google di browser.
2.      Klik teks Pencarian Canggih.
3.      Ketiklah kata kunci pencarian di kotak teks dengan semua kata-kata.
4.      Di kotak teks tanpa kata-kata, ketiklah kata pengganggu yang ingin dihilangkan dari pencarian.
5.      Lakukan pengaturan yang lain.
6.      Klik tombol Mesin Cari Google untuk memulai proses pencarian. Hasil pencarian akan ditampilkan.

Dengan menggunakan fungsi pengecualian seperti diatas, maka kata  “kupu-kupu malam” tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian.


A7. Mencari File Berbahasa Indonesia

            Langkah-langkah melakukan pencarian dengan menggunakan pilihan bahasa dan mengatur waktu umur dokumen adalah sebagai berikut.

1.      Tampilkan mesin pencari Google di browser. Klik teks link Pencarian Canggih.
2.      Ketiklah kata kunci pencarian di kotak teks dengan semua kata-kata.
3.      Pada kotak drop-down Bahasa, pilihlah Indonesia.
4.      Jika kita ingin membatasi waktu dan informasi yang kita dapatkan, pada kotak drop-down Tanggal, pilihlah waktu, misalnya 6 bulan terakhir.
5.      Klik tombol Mesin Cari Google atau tombol Enter untuk mengaktifkan proses pencarian.
6.      Mesin pencariakan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen dalam bahasa Indonesia dalam 6 bulan terakhir.


A8. Mencari File dengan Format Tertentu

1.      Tampilkan mesin pencari Google di browser. Klik teks link Pencarian Canggih.
2.      Di kotak teks dengan semua kata-kata, ketiklah kata kunci pencarian, misalnya “scabies”. Scabies adalah bakteri yang bersifat parasit di kulit dan menyebabkan gatal-gatal.
3.      Pada kotak drop down Format File, pilihlah format file Microsoft Word (.doc).
4.      Tekan tombol Mesin Cari Google atau tombol Enter untuk mengaktifkan proses pencarian.
5.      Mesin pencari akan menampilkan file-file dokumen yang berisi kata “scabies” dalam format file Microsoft Word (.doc).

 A9. Berbagai Fitur Google yang Lain

1.      Pencarian Gambar.
2.      Menampilkan File PDF dan doc.
3.      Menampilkan Halaman yang Mirip.
4.      Pembatasan Domain.
5.      Saya Sedang Beruntung.


A10. Direktori Web

            Direktori Web (Web Directory) atau direktori internet (internet directory) adalah kumpulan alamat-alamat URL dan website-website yang disusun berdasarkan kategori tertentu agar mudah dipahami. Tidak seperti mesin pencari, direktori web disusun secara manual.
            Kelebihan direktori web yaitu mudah dipahami karena menyusun informasi berdasarkan klasifikasi tertentu. Dengan demikian, kita dituntun untuk menemukan informasi atau website yang kita cari. Namun, kekurangan direktori web adalah koleksi halaman webnya kurang banyak dan kurang lengkap jika dibandingkan dengan mesin pencari.
            Untuk memadukan kelebihan kedua tool pencarian tersebut, dibuatlah mesin pencari hibrida (hybrid search engine), yakni mesin pencari yang dilengkapi dengan kumpulan direktori yang berisi URL website-website.
            Salah satu website yang dilengkapi dengan mesin pencari dan direktori web adalah www.yahoo.com. Langkah-langkah untuk menggunakan direktori web dan mesin pencari Yahoo adalah sebagai berikut.

1.      Tampilkanlah website Yahoo. Di halaman website Yahoo, kita akan dapat melihat langsung direktori web yang ada di Yahoo.
2.      Pilihlah direktori web dari informasi yang ingin kita cari, misalnya Entertainment.
3.      Direktori web yang lebih kecil akan ditampilkan. Pilihlah direktori web seterusnya sampai direktori tersebut sudah cukup spesifik, misalnya Movies and Film.
4.      Masukanlah kata kunci pencarian di kotak teks Search. Tekan tombol Find untuk memulai proses pencarian. Tunggulah sampai halaman web hasil pencarian di tampilkan.
5.      Bukalah halaman web yang ditampilkan dari daftar website halaman pencarian.

  
B1. Membuka Halaman Web Hasil Pencarian

            Di halaman web hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari, kita dapat melihat daftar halaman web yang menyimpan informasi yang kita cari. Membuka halaman web hasil pencarian dapat kita lakukan dengan cara mngeklik teks link untuk menampilkan halaman web tersebut di jendela browser yang aktif, atau membuka di jendela browser yang baru.

Langkah-langkah untuk membuka halaman web hasil pencarian adalah sebagai berikut.
1.      Di halaman web hasil pencarian, carilah website yang ingin ditampilkan.
2.      Klik kanan di teks link dari website yang ingin ditampilkan.
3.      Pada menu yang muncul, klik Open untuk membuka halaman web di jendela browser yang baru.


B2. Menyimpan Halaman Web

1.      Dari menu File, klik Save, Kotak dialog Save Web Page akan ditampilkan.
2.      Tentukan folder peyimpanan di kotak pilihan Save in.
3.      Di kotak isian File name, browser akan memberikan nama file dari halaman web yang akan disimpan secara otomatis. Kita dapat mengganti nama file tersebut sesuai dengan keinginan kita. Untuk memudahkan kita dalam mengingat isi dari halaman web yang kita simpan, sebaiknya kita memberi nama file yang berhubungan dengan informasi yang ada di dalamnya.
4.      Klik tombol Save.


B3. Menyimpan Gambar dari Sebuah Halaman Web

1.      Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan disimpan. Toolbar gambar akan ditampilkan di atas gambar yang bersangkutan.
2.      Klik tombol Save this image. Kotak dialog Save Picture akan ditampilkan.
3.      Pilihlah folder penyimpanan di kotak drop-down Save in.
4.      File gambar tersebut akan diberi nama sesuai dengan nama file aslinya. Kita dapat mengganti nama file tersebut.
5.      Klik tombol Save.


B4. Mencetak Halaman Web

1.      Dari menu File, klik Print, Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2.      Klik Print. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
3.      Pilihlah printer yang akan digunakan.
4.      Aturlah pencetakan halaman web yang akan dilakukan.
5.      Klik tombol Print. Halaman web akan dicetak.

  
B5. Mencetak Gambar dari Halaman Web

1.      Gerakan pointer mouse ke gambar ang akan disimpan. Toolbar gambar akan di tampilkan di atas gambar yang bersangkutan.
2.      Klik tombol Print this image. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
3.      Pilihlah printer yang digunakan.
4.      Klik tombol print.


B6. Mendownload File

1.      Kliklah teks tempat file tersebut dilink. Kotak dialog File Download akan ditampilkan.
2.      Klik tombol Save. Kotak dialog Save As akan ditampilkan.
3.      Tentukan folder penyimpanan file yang akan didownload tersebut.
4.      Klik tombol Save untuk memulai proses download file. Kotak dialog proses download akan ditampilkan.
5.      Tunggulah sampai proses download file selesai.
6.      Klik tombol Open untuk membuka file yang sudah didownload. Klik tombol Open Folder untuk membuka folder di mana file tersebut ditempatkan atau klik Close untuk menutup kotak dialog.


B7. Copy dan Paste

            Kita dapat mengambil informasi di halaman web atau sebagian informasi di halaman web. Kemudian kita dapat menyimpannya dalam file dokumen Word dengan cara copy dan paste. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

1.      Aktifkan halaman web yang akan dikopi.
2.      Blok semua teks yang ingin kita kopi.
3.      Dari menu Edit, klik tombol Ctrl + C di keyboard.
4.      Jalankan Word dan buatlah dokumen baru.
5.      Di jendela Word, dari menu Edit klik Paste. Atau, klik tombol Paste di toolbar Standard atau tekan tombol Ctrl + V di keyboard.
6.      Simpanlah dokumen Word tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar