Affiliate Program ”Get Money from your Website”
Cara Cari Uang di Internet Saya ingin memperkenalkan Anda ke situs web yang baru-baru ini saya temukan untuk menghasilkan uang banyak di Internet. Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, dan tidak hanya hari atau minggu, tetapi untuk bulan dan bulan, menghasilkan banyak uang tunai. dari $ 0,00 berinvestasi - menghasilkan $ 780,00 sehari-hari. Ini cara nyata dan mudah untuk membuat keuntungan online. Buka link di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut: http://www.fast2earn.com/-82343/3759.htm Salam, hilal alhabib

Rangkuman Buku TIK Bab 2

2.1 Apa itu jaringan Komputer

Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat komputer server dan komputerclient Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melyani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan.
            Bila jaringan komputer terhubung ke internet, kmputer server juga dapat berfungsi sebagai gateaway. Komputer server juga dapat berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari sebuah situs web dan juga sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan e-mail.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer, antara lain sebagai berikut.

1.      Membagi sumber daya
2.      Reliabilitas tinggi
3.      Menghemat uang
4.      Sarana komunikasi

2.2 Berbagai Jenis Jaringan

Secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan kebel dan jaringan nirkabel (wireless network). Jaringan kabel adalahjaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.

Dilihat dari area yang dicakupnya, secara umum jaringan komputer dapat digolongkan atas empat jenis, yaitu sebagai berikut.

1.   Local Area Network (LAN) 
adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di gedung atau kantor tersebut.

2.   Metropolitan Area Network (MAN)
adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya, MAN digunakan untuk menghubungkan kantor-kantor yang letak yang berdekatan.

3.   Wide Area Network (WAN)
adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah negara atau benua. WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia.

4.   Internet
      Internet juga merupakan sebuah jaringan komputer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, maka dibangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain. Kabel serat optic tersebut dibangun melalui dasar laut.

2.3 Perangkat Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer, dimana satu komputer terhubung dengan komputer-komputer yang lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkat-perangkat sebuah jaringan komputer adalah sebagai berikut.

1.      Server
2.      Client
3.      Kartu jaringan
4.      Hub
5.      Kabel dan konektor
6.      Repeater
7.      Bridge
8.      Router

2.4 Komunikasi Data

            Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet.
            Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Ketika kita mengirimkan sebuah data, data yang kita kirimkan tidak langsung sampai di komputer tujuan.
            Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protocol-protokol. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu dengan yang lain. Protokol dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer.
            Dalam komunikasi data, komputer menggunakan protocol-protokol komunikasi data. Bentuk dari protocol tersebut dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.
            Salah satu protocol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP / IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol). TCP / IP merupakan sebuah kumpulan prookol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data.
            TCP / IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan system operasi yang digunakan. TCP / IP memungkinkan komunikasi antara komputer PC dengan Macintosh atau antara system operasi Windows dengan Unix atau Linux.
            TCP / IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol, atau biasa disebut dengan istilah layer. Keempat lapisan protokol yang ada di TCP / IP dan fungsi masing-masing protokol adalah sebagai berikut.

1.      Application Layer
Lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data.

2.   
Transport Layer
      Transport layer berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host / komputer.

3.   Internet Layer
      Terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP.

4.   Network Interface Layer
      Network Interface Layer berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media disini dapat berupa kebl jaringan, serat optic atau gelombang radio (jika jaringan merpakan jaringan nirkabel)

            Salah satu tujuan jaringan komputer dan internet dibuat adalah agar dua komputer atau lebih dapat saling berbagi sumber daya, termasuk data-data dan informasi.

2.5 Keamanan Data dalam Jaringan

            Transaksi yang kita lakukan di internet, seperti menggunakan internet banking atau belanja di toko online menggunakan data-data penting. Data-data tersebut dikirim dari komputer kita ke komputer server penyedia layanan internet banking atau toko online. Sebelum sampai di komputer server penyedia jasa layanan, data-data yang kita kirimkan akan melewati komputer-komputer yang ada di jaringan internet. Pada saat melewati jaringan tersebut data-data yang kita kirimkan rawan terhadap penyadapan.
            Selain penyadapan, komputer yang digunakan dapat saja dijangkiti virus yang bekerja seperti spyware. Spyware dapat merekam semua aktifitas yang dilakukan, tombol-tombol apa saja yang kita ketik, dan kemudian mengirimkannya kepada seseorang di internet.
            Keamanan data menjadi hal yang penting dalam komunikasi data yang dilakukan.
            Ada 2 bentuk aktivitas terhadap jaringan komputer, yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan secara ilegal. Sedangkan Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebutPelaku hacking disebut denganhacker, sedangkan pelaku cracking disebut dengan cracker

  
            Ada beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain sebagai berikut.

1.      Spoofing
2.      Scanner
3.      Sniffer
4.      Password Cracker
5.      Destructive Devices

            Untuk menjaga data-data pada saat data tersebut dikirim dan pada saat data tersebut telah disimpan di jaringan komputer, maka dikembangkan beberapa teknik pengamanan data. Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, antara lain sebagai berikut.

1.      Internet Firewall
berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke system internal. Dengan demikian, data-data yang berada di dalam jaringan komputer tidak dapat diakses oleh pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

2.   Kriptografi
adalah seni menyandikan kata. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima.
Data disandikan agara apbila ada pihak-pihak yang menyadap pengiriman data, pihak tersebut tidak dapat mengerti isi data yang dikirim karena masih berupa kata sandi.
Ada dua proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu proses enkripsi dan diskripsi.
Proses enkripsi ààà  Proses mengubah data asli menjadi data sandi.
Proses diskripsi ààà Proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya.          
      Data asli atau data yang akan disandikan disebut dengan plain teks. Sedangkan data hasil penyandian disebut dengan cipher teks.

3.   Secure Socket Layer (SSI)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar