Affiliate Program ”Get Money from your Website”
Cara Cari Uang di Internet Saya ingin memperkenalkan Anda ke situs web yang baru-baru ini saya temukan untuk menghasilkan uang banyak di Internet. Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, dan tidak hanya hari atau minggu, tetapi untuk bulan dan bulan, menghasilkan banyak uang tunai. dari $ 0,00 berinvestasi - menghasilkan $ 780,00 sehari-hari. Ini cara nyata dan mudah untuk membuat keuntungan online. Buka link di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut: http://www.fast2earn.com/-82343/3759.htm Salam, hilal alhabib

Rangkuman Buku TIK Bab 4

4.1 Berbagai Tipe Koneksi ke Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Agar bisa terhubung ke jaringan (internet), sebuah komputer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan. Setelah perangkat keras itu dipenuhi, komputer kita dapat dihubungkan ke internet.


4.1.1 Jaringan Komputer (LAN)

Pengertian dari LAN (Locel Area Network) adalah menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah server jaringan lokal yang terhubung ke internet. Menghubungkan internet melalui LAN biasanya banyak dilakukan di perusahaan, laboraturium, sekolah, warnet, dan sebagainya.
            Agar dapat dihubungkan dengan komputer server di LAN, komputer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Selanjutnya, untuk menghubungkan komputer yang satu dengan computer lainnya, kita membutuhkan kabel UTP.
Keuntungan melakukan akses internet menggunakan LAN adalah biayanya murah. Kelemahan dari system LAN adalah jika sedang melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih jika bandwidth yang ada terbatas.

4.1.2 Saluran Telepon Langsung

            Ada 2 perangkat yang dibutuhkan, jika kita menghubungkan internet melalui Dial-Up, yaitu saluran telepon dan modem. Saluran telepon dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya.
            Keuntungan modem internal adalah harganya yang lebih murah dan kelemahannya adalah hanya bisa digunakan untuk 1 komputer, yaitu computer yang didalamnya terdapat modem tersebut. Keuntungan modem external adalah pemasangannya yang lebih mudah dan dapat dipindah dari 1 komputer ke computer yang lainnya namun kelemahannya modem external adalah harganya yang relative lebih mahal.
Kelebihan dari koneksi internet menggunakan dial-up adalah jaringan yang luas. Asalkan sudah terpasang telepon, kita dapat menggunakan akses ini. Sedangkan kekurangan dari akses dial-up adalah harga yang relative masi mahal, kecepatan akses yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon, serta mobilitas akses yang mengharuskan kita tetap pada satu tempat.

4.1.3 Teknologi ADSL

            ADSL atau Asymmetrical Digital Subscriber Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon. Hal ini memungkinkan ADSL dapat dikirimkan melalui jalur telepon biasa tanpa mengganggu pelayanan telepon.
Bila kita mengakses internet menggunakan ADSL,kita harus mempunyai sebuah modem ADSL, jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL.

4.1.4 Jaringan TV Kabel

            Jaringan TV kabel dibuat untuk jalur komunikasi data yang lebar. Hal ini mengingat TV kabel haus melewatkan data gambar bergerak dan suara dengan kualias tinggi. Jika digunakan untuk internet dengan ukuran data yang harus dilewatkan jauh lebih kecil, kita akan mendapatkan akses internet yang sangat cepat.
            Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Kelemahannya adalah hanya tersedia di kota-kota besar dan itupun terbatas di daerah-daerah tertentu saja yang dijangkau oleh layanan TV kabel.

4.1.5 GPRS

            GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS memungkinkan pengriman data sampai pada kecepatan 115 kbps. GPRS merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah (2,5G) yang merupakan perkembangan dari teknologi GSM (2G).
            Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan GPRS dan layanan GPRS tersebut telah diaktifkan di handphone kita.
Kelemahan dari GPRS adalah harga layanan yang relative mahal.

4.1.6 WiFi

            WiFi atau Wireless Fidelity adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.
            Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet dengan cepat, hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G.
            Agar komputer kita dapat terhubung ke internet menggunakan WiFi, komputer kita harus dilengkapi dengan WiFi Card atau telah mendukung teknologi WiFi. Kenudian kita berada pada lokasi di mana tersedia sinyal WiFi atau sering disebut dengan hotspot atau titik poin.
            Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebagai berikut.

1.      Access Point (Titik Akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN Ethernet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki kemampuan untuk melayani pengguna sebanyak 128 orang. Luas daerah yang dapat dijangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25 – 100 meter.
2.      Access Controller (Pengendali Akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
3.      Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet Link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.

Kelemahan dari akses WiFi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100 meter dari titik poin. Dan sampai ini, titik-titik hotspot, jumlahnya masih sangat sedikit.

4.1.7 Wireless Broadband

                  Teknologi Wireless Broadband ini mirip seperti WiFi, namun WiBro (Wireless Broadband) dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60 km / jam.

4.1.8 3G

            Teknologi telekomunikasi generasi ketiga (3rd generation) atau lebih populer dengan nama 3G adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Kecepatan 3G dirancang sebesar 2 Mbps.
            Jika kita menggunakan 3G, kita membutuhkan sebuah handphone yang dilengkapi teknologi 3G dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan 3G. Nomor handphone kita pun harus sudah terdaftar sebagai pelanggan 3G.

  
4.2 Menghubungkan Komputer ke Internet

            Kita dapat memilih koneksi yang ada sesuai dengan kebutuhan, kondisi, serta perangkat-perangkat yang kita miliki. Selain itu, sebelum dapat menghubungkan komputer ke internet, kita harus menyeting perangkat yang digunakan di komputer kita.


4.2.1 Menyeting Koneksi Dial-Up
            Jika kita menghubungkan komputer dengan koneksi dial-up, kita harus memiliki nomor telepon, user ID, dan password. Nomor telepon disediakan oleh ISP yang kita gunakan. User ID dan password akan diberikan oleh ISP yang bersangkutan pada saat kita mendaftar menjadi pelanggan.
   
Berikut ini cara menghubungkan komputer ke internet menggunakan TelkomNet Instant.

1.      Dari menu start, pilihlah Setting dan kemudian klik Control Panel.
2.      Klik Network Connections.
3.      Untuk menam bahkan jenis koneksi baru ke jendela Network Connections, dalam hal ini koneksi menggunakan dial up, di bagian Network Tasks, klik Create a new connection.
4.      Klik tombol Next.
5.      Pilihlah Connect to the Internet. Kemudian klik tombol Next.
6.      Pilihlah Set up my connection manually. Kemudian klik tombol Next.
7.      Pilihlah Connect using a dial-up modem. Klik tombol Next.
8.      Bila di komputer yang digunakan terdapat lebih dari satu jenis modem, kita akan diminta untuk memilih modem yang akan digunakan. Pilihlah modem yang sesuai dengan koneksi dial-up. Kemudian klik tombol TelkomNet. Kemudian klik tombol next.
9.      Masukkanlah nomor telepon untuk akses internet. TelkomNet Instant menggunakan nomor 080989999. Klik tombol Next.
10.  Isikanlah User name dengan “telkomnet@instant”, Password dan Confirm password dengan “telkom”. Klik tombol Next.
11.  Untuk menambahkan shortcut TelkomNet Instant di desktop, berilah tanda cek di kotak cek Add a shortcut to this connection to my desktop. Kemudian klik tombol Finish untuk mengakhiri proses setting koneksi yang dilakukan.
12.  Klik tombol Dial jika kita ingin memulai koneksi ke internet dan klik tombol Cancel jika kita belum ingin memulai koneksi ke internet.

4.2.2 Memulai dan Mengakhiri Koneksi Dial-Up

         Memulai hubungan komputer ke internet menggunakan koneksi Dial-Up dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1.      Carilah shortcurt TelkomNet instant di desktop. Klik shortcut tersebut. Kotak dialog Connect TelkomNet akan ditampilkan. Kotak dialog tersebut juga dapat ditampilkan dengan cara mengeklik ikon TelkomNet di jendela Network Connection, dan dapat juga dilakukan dengan caran mengeklik menu Start, memilih Setting, dilanjutkan dengan memilih Network Connections dan kemudian mngeklik TelkomNet.
2.      Klik tombol Dial.
3.      Kadang-kadang proses koneksi bisa gagal. Hal ini disebabkan karena jalur telepon yang sibuk. Jika hal ini terjadi, klik tombol Redial.
4.      Bila proses koneksi berhasil, akan dilakukan proses verifikasi username dan password. Tunggulah sampai proses tersebut selesai.
5.      Bila proses verifikasi username dan password berhasil, akan dilakukan regristasi komputer di internet.
6.      Bila proses regristasi berhasil, kotak dialog Connecting TelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet di taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses komputer kita ke internet.
7.      Selanjutnya kita bisa mulai menggunakan Internet.
            Apabila kita sudah selesai menggunakan Internet, kita harus memutuskan koneksi ke komputer kita dengan internet. Jika tidak, jumlah tagihan akan terus berjalan.

      Langkah-langkah untuk meutuskan koneksi ke internet adalah sebagai berikut.

1.      Klik ikon TelkomNet di taskbar.
2.      Pada kotak dialog, kita dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses. Klik tombol Disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol Close untuk kembali bekerja dengan internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar