Affiliate Program ”Get Money from your Website”
Cara Cari Uang di Internet Saya ingin memperkenalkan Anda ke situs web yang baru-baru ini saya temukan untuk menghasilkan uang banyak di Internet. Ia bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, dan tidak hanya hari atau minggu, tetapi untuk bulan dan bulan, menghasilkan banyak uang tunai. dari $ 0,00 berinvestasi - menghasilkan $ 780,00 sehari-hari. Ini cara nyata dan mudah untuk membuat keuntungan online. Buka link di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut: http://www.fast2earn.com/-82343/3759.htm Salam, hilal alhabib

Rangkuman Buku TIK Bab 6

E-mail
 6.1 E-mail sebagai Sarana Komunikasi
 Kemajuan internet banyak mempengaruhi kehidupan kita. Internet memungkinkan kita mengirim surat dalam bentuk elektronik, dengan biaya lebih murah dan dalam waktu lebih cepat.

6.1.1 Pengertian E-mail
 Surat elektronik dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat e-mail. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.
 Konsep e-mail sama dengan pengiriman surat melalui pos. Masing-masing orang memiliki alamat e-mail kemana kita akan mengirimkan e-mail kita.
 Keuntungan lain dari e-mail ialah kemampuan e-mail untuk dikirimkan kepada banyak penerima sekaligus.
 E-mail juga mempunyai fasilitas untuk menyertakan lampiran. Lampiran-lampiran dalam e-mail berbentuk file computer. Lampiran pada e-mail ini disebut file attachment.
 Saat ini ada 3 jenis e-mail yang digunakan:
1.      POP mail
2.      E-mail berbasis web
3.      E-mail forwarding

 1.      POP mail
 POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
 Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline. Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan computer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima.
 Kekurangan POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di computer lain, maka terlebih dahulu harus dilakukan pengaturan ulang.

2.      E-mail berbasis web
 E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain. Layanan e-mail jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Ini merupakan kelebihan dari e-mail berbasis web. Dan juga, e-mail dapat dicek dari mana saja.
 Kekurangan dari e-mail ini adalah e-mail hanya bisa dibaca dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi yang lebih besar.

3.      E-mail forwarding
 E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain.
 Kelebihan e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya.
 Kekurangan e-mail ini adalah karena hanya bersifat perantara, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

6.1.2 Membuat E-mail Account
 Membuat e-mail account atau mendaftar di salah satu website penyedia layanan e-mail merupakan langkah awal yang harus dilakukan agar dapat menggunakan e-mail.
 Karena website penyedia layanan e-mail umumnya berasal dari luar negeri, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.
 Tiap website penyedia jasa layanan e-mail menyediakan kapasitas penyimpanan yang berbeda. Semakin besar kapasitas penyimpanan yang disediakan, semakin banyak e-mail yang dapat disimpan di kotak surat (Inbox) kita.
 Jika kotak surat kita penuh, beberapa e-mail didalamnya harus dihapus. Jika tidak, maka e-mail lain yang dating tidak dapat masuk ke kotak surat tersebut.
 Layanan e-mail yang paling banyak digunakan adalah Yahoo, dan disebut YahooMail.
 Cara membuat e-mail account di YahooMail:
 1.      Jalankanlah browser. Di kotak address, ketiklah  www.yahoo.com.
2.      Kliklah link Mail
3.      Lihat kotak user ID dan password di sisi kanan. Tekan tombol “Sign Up”.
4.      Isilah semua data yang diminta.
5.      Untuk mengetahui apakah Yahoo ID yang kita masukkan dapat digunakan, klik tombol “Check Availability of this ID”.
6.      Jika ID yang dipilih tidak dapat digunakan lagi, gantilah ID yang lain.
7.      Setelah semua data dilengkapi, klik tombol “I Agree”.
8.      Klik tombol “Continue without installing Yahoo!Toolbar”. Maka akan tampila halaman web untuk login.
9.      Masukkan user ID dan password yang telah dibuat. Kemudian klik tombol “Sign In”.
10.    Klik tombol teks link Inbox.
11.    Di halaman kotak surat akan terlihat surat-surat yang masuk ke kotak suratkita. Di tabel daftar surat tersebut terdapat kolom:
         - Sender:  memuat keterangan tentang nama pengirim e-mail
         - Subject:  memuat judul atau subyek isi surat
         - Date:  memuat keterangan kapan e-mail tersebut diterima
         - Size:  memuat keterangan ukuran file surat tersebut

6.1.3 Login dan Logout
 Untuk dapat bekerja dengan e-mail, kita harus masuk terlebih dahulu ke e-mail account kita, dan ini disebut “login”. Caranya adalah dengan memasukkan user ID dan password di kotak login di sisi kanan. Setelah itu, klik “Sign In”.
 Setelah selesai bekerja dengan e-mail, kita harus menutup e-mail account kita, dan ini disebut sebagai “Logout”. Logout diperlukan agar orang lain tidak dapat masuk ke e-mail account kita.
 Cara untuk logout:
1.      Carilah tombol “logout”  di halaman web.
2.      Klik tombol atau teks link tersebut.
  
6.1.4 Menulis dan Mengirimkan E-mail
 Menulis e-mail sama dengan mengetik teks. Mengetik e-mail dilakukan di kotak teks yang disediakan. Caranya adalah sebagai berikut:
1.      Lakukan login
2.      Klik tombol “Compose”
3.      Masukkan alamat e-mail penerima dan subyek dari e-mail yang akan kita kirim
4.      Ketiklah isi e-mail
5.      Setelah selesai menulis isi e-mail, klik tombol “Send”.
6.      Bila pengiriman e-mail sukses, akan tampil halaman web yang menyampaikan pesan bahwa e-mail kita sudah terkirim.
 Jika ingin kembali ke daftar e-mail, klik lah teks link “Back to Inbox”.
  
6.1.5 Membuka E-mail
 Setiap e-mail yang masuk akan disimpan di kotak surat. Tiap e-mail tersebut akan diberi tanda apakah sudah dibaca atau belum, ada attachment atau tidak, sudah di reply atau di forward, dan sebagainya.
 Bila ingin membaca sebuah e-mail, terlebih dahulu kita harus masuk ke kotak surat, kemudian membuka e-mail yang ingin dibaca dengan cara sebagai berikut:

1.      Tampilkan halaman login
2.      Masukkan user ID dan password, lalu klik “Sign In”
3.      Klik “Inbox”
4.      Untuk membaca e-mail, klik dua kali di subyek e-mail yang ingin dibaca.
5.      Setelah membaca e-mail yang kita pilih, kita dapat membaca e-mail selanjutnya dengan cara mengklik tombol “Next”. Atau kembali ke daftar e-mail dengan mengklik tombol “Back” di toolbar, atau klik teks link “Inbox”.

 6.1.6 Menjawab E-mail (Reply)
 Jika ingin menjawab suatu e-mail, lakukan sebagai berikut:
 1.      Setelah membaca e-mail, klik tombol “Reply”
2.      Pada kotak teks “To”, nama dan alamat e-mail tujuan akan langsung terisi. Ketiklah isi e-mail jawaban kita
3.      Klik tombol “Send”.
 Menjawab e-mail juga memudahkan kita mengecek jikalau ada informasi yang ditanyakan oleh pengirim yang belum kita jawab.

 6.1.7 Meneruskan E-mail (Forward)
 Terkadang setelah menerima e-mail, kita perlu atau ingin meneruskan isi e-mail ke orang lain. Caranya adalah sebagai berikut:
 1.      Buka dan bacalah e-mail. Klik teks link “Forward”
2.      Masukkan alamat tujuan
3.      Ketiklah isi e-mail jika ingin menambahkan sesuatu
4.      Klik tombok “Send”.
  
6.1.8 Menggunakan E-mail untuk Mengirimkan File
 Mengirimkan lampiran di dalam e-mail Yahoo dibatasi sampai 5 buah file, dan tidak lebih dari 10 MB. Jika kita ingin mengirimkan lebih dari 5 lampiran atau lebih besar dari 10 MB, maka harus dilakukan beberapa kali.
 Cara mengirimkan e-mail dengan lampiran:
1.      Klik teks link “Compose”
2.      Isikan alamat e-mail penerima dan subyek e-mail
3.      Ketiklah isi e-mail
4.      Klik tombol “Attach Files”
5.      Klik tombol “Browse”. Kotak dialog Choose File akan ditampilkan.
6.      Cari dan pilihlan file yang ingin dilampirkan. Klik tombol “Open”
7.      Klik tombol “Attach Files”. File-file yang telah dipilih akan di scan terlebih dahulu sebelum disertakan bersama e-mail.
8.      Klik tombol “Continue to Message”.
9.      Jika masij ada isi surat yang ingin ditambahkan, ketiklah di bagian isi surat. Lalu klik “Send”
  
6.1.9 Menyimpan File Attachment
 Untuk mendownload dan membuka file lampiran, dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
 1.      Bukalah e-mail yang mempunyai file attachment.
2.      Di bawah teks isi e-mail, kita dapat melihat nama file yang disertakan.
3.      Klik file yang ingin disimpan.
4.      Klik tombol “Download Attachment”
5.      Klik tombol “Save” untuk menyimpan file attachment.
6.      Pilihlah folder tempat file akan disimpan. Lalu klik “Save”
7.      Jika sudah selesai, kotak dialog Download complete akan muncul
8.      Klik tombol “Open” untuk membuka file tersebut. Klik tombol “Open Folder” untuk membuka folder tempat file tersebut disimpan. Klik “Close” untuk menutup kotak dialog Download complete dan kembali ke halaman web.
9.      Di halaman web, kliklah tombol “Back to Message”
  
6.1.10 Menghapus E-mail
 Agar kotak surat tidak penuh, hapuslah e-mail yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Caranya, berilah tanda cek (ü) di kotak di sebelah kiri e-mail yang akan dihapus, lalu tekan tombol “Delete”. Jika ingin menghapus lebih dari satu e-mail, berilah tanda cek pada semua e-mail yang ingin dihapus, lalu klik tombol “Delete”.

 6.1.11 Etika Mengirimkan E-mail
 Sebagai alat komunikasi, penggunaan e-mail harus mematuhi etika-etika sebagai berikut:
 1.      Salam pembuka
         Ada baiknya e-mail yang akan dikirim disertai dengan salam pembuka.
 2.      Perkenalkan diri
         Jika orang yang kita kirimi e-mail tidak kenal dengan kita, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu.
 3.      Langsung ke pokok permasalahan
         E-mail yang terlalu panjang dapat membosankan, karena itu usahakan agar e-mail bersifat padat dan ringkas.
 4.      Jawablah semua pertanyaan
         Jika kita membalas e-mail, usahakan agar semua pertanyaan kita jawab.
 5.      Lakukan pengeditan
         Sebelum e-mail dikirimkan, sebaiknya diedit kembali. Kata-kata yang tidak pas atau kesalahan penulisan dapat diperbaiki.
 6.      Gunakan subyek yang sesuai
         Gunakan subyek atau judul yang sesuai. Subyek yang sesuai akan memudahkan penerima e-mail menangkap informasi yang ingin kita sampaikan.
 7.      Mengatur prioritas
         Kadang-kadang pengirim e-mail senang menambahkan kata penting atau urgent di subyek e-mail. Bila kita melakukan hal ini, sebaiknya dipastikan bahwa e-mail kita memang betul-betul penting atau urgent.
 8.      Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
         Mereply e-mail tanpa menghapus isi e-mail terdahulu kadang-kadang membantu penerima e-mail untuk mengingat apa yang sudah dia kirimkan kepada kita. Namun, seringkali setelah membalas e-mal beberapa kali, topic sudah berubah dan tidak berhubungan lagi dengan e-mail sebelumnya. Maka sebaiknya pesan-pesan yang tidak berhubungan ini dihapuskan.
 9.      Jangan meneruskan e-mail berantai
         Kadang ada e-mail yang meminta kita untuk meneruskan e-mail tersebut ke sejumlah orang. Sebaiknya kita tidak usah mengirimkan e-mail semacam ini ke orang lain.
 10.    Hormati privasi orang lain
         Untuk menghormati privasi orang lain, gunakan “bcc” atau “blind carbon copy” agar alamat e-mail tujuan lain tidak saling diketahui.
 11.    Jangan melakukan spam
         Menggunakan alamat e-mail dari “forwarded e-mail” tanpa permisi adalah termasuk bentuk spam.
 12.    Gunakan huruf besar seperlunya
         Menulis dengan huruf besar dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan atau berteriak-teriak. Karena itu, gunakan huruf besar seperlunya.
 13.    Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
         Kita perlu berhati-hati menggunakan singkatan-singkatan dan ikon emosi (emoticon), karena belum tentu penerima e-mail mengerti apa yang kita maksudkan.
 14.    Jangan terbawa emosi
         Jika kita menerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan membalas saat itu juga. Tunggulah beberapa waktu hingga emosi kita mereda, sehingga dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin.
 15.    Bersabarlah menunggu balasan e-mail
         Kita harus bersabar bila e-mail yang kita kirimkan belum dibalas.
 16.    Ketertarikan yang berbeda
         Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, sebab berarti mereka memiliki ketertarikan yang berbeda.
 17.    Jangan lampirkan file yang tidak perlu
         Jangan lampirkan gile yang tidak perlu. Hal ini sering terjadi secara tidak sengaja, misalnya kita lupa menghapus file attachment pada saat memforward atau mereply e-mail.
 18.    Buatlah layout yang baik
         Membaca e-mail kadang tidak nyaman karena kita harus membacanya di layar komputer. Karena itu, sebaiknya kita buat layout yang baik, sehingga penerima e-mail dapat membacanya dengan lebih mudah.
 Usahakan jangan menggunakan kalimat-kalimat yang panjang. Untuk memudahkan pembacaan, dapat ditambahkan baris kosong di setiap paragraf.

 6.2 Mailing List
 Mailing List atau disebut milis, adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri, yang disebut dengan alamat milis. Setiap e-mail yang dikirimkan ke sebuah alamat milis akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
 Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara anggota suatu kelompok. Milis bisa menjadi tempat untuk berdiskusi, berbagi cerita dan sebagainya bagi orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.
  
6.2.1 Membuat Mailing List
 Cara membuat milis di YahooGroups:
 1.      Tampilkan YahooGroups di browser Internet Explorer
2.      Klik teks link “Sign In”
3.      Masukkan user ID dan password, kemudian klik tombol “Sign In”
4.      Untuk membuat sebuah milis baru, kliklah link “create a group”
5.      Pilihlah kategori group untuk milis.
6.      Pilih lagi kategori group yang lebih kecil.
7.      Klik tombol Place my group here untuk menempatkan milis yang sedang dibuat di kategori grup yang sudah dipilih.
8.      Masukkan deskripsi milis. Kemudian klik “Continue” di bagian bawah halaman web.
9.      Masukkan Word Verification sesuai gambar yang ditampilkan. Klik tombol “Continue”.
10.    Selanjutnya, kita dapat mengundang orang lain untuk bergabung dengan milis kita. Caranya adalah dengan mengklik link “Invite People to Join”.
11.    Masukkan alamat-alamat e-mail yang ingin diundang bergabung.
12.    Klik tombol “Invite People”
13.    Klik tombol “Go to Group” untuk melihat halaman web dari milis yang baru saja dibuat.
 Di halaman web, kita dapat melihat alamat milis yang kita buat, alamat milis untuk mendaftar (subscribe) dan alamat milis untuk keluar (unsubscribe).
  
6.2.2 Pertimbangan Menjadi Anggota Milis Tertentu
 Bergabung dengan suatu milis dalam membantu kita memperoleh informasi dari orang lain, melakukan diskusi, menjaga hubungan dengan teman, dan lain lain. Namun, milis juga dapat menyusahkan, yaitu karena banyaknya email yang masuk.
 Karena itu, sebelum memutuskan untuk bergabung dengan sebuah milis, lakukan pertimbangan berikut:
 1.      Tujuan milis
2.      Seberapa banyak e-mail yang masuk
3.      Waktu yang kita miliki untuk membuka e-mail

 6.2.3 Mendaftar Menjadi Anggota Milis
 Cara mendaftar menjadi anggota sebuah milis:
1.      Masuklah ke e-mail account kita
2.      Klik tombol  “Compose”
3.      Masukkan alamat e-mail untuk mendaftar ke milis tersebut.
4.      Klik tombol “Send”. Setelah pesan terkirim, kita akan menerima sebuah e-mail untuk konfirmasi pendaftaran milis yang sudah dilakukan
5.      Bukalah e-mail tersebut
6.      Kita akan diminta untuk membuka link untuk konfirmasi, atau mereply e-mail tersebut. Klik tombol “Reply”
7.      Klik tombol “Send”. Selanjutnya kita akan menerima e-mail yang menyatakan kita telah diterima dalam milis yang kita daftarkan.
 Beberapa milis diatur agar tidak secara otomatis menerima anggota yang mendaftar, tetapi harus dengan persetujuan moderator.
 Setelah diterima sebagai anggota milis, kita akan menerima e-mail dari milis tersebut, dan kitapun bisa mengirimkan e-mail ke semua anggota milis tersebut.
  
6.2.4 Mengirimkan E-mail ke Milis
 Mengirimkan e-mail ke milis sama dengan mengirimkan e-mail ke sebuah alamat e-mail. Hanya saja, di kotak alamat e-mail tujuan, isikan alamat milis.
  
6.2.5 Berhenti Menjadi Anggota Milis
 Cara berhenti menjadi anggota milis:
1.      Masuklah ke kotak surat e-mail kita
2.      Klik tombol “Compose”
3.      Di kotak “To”, isikan alamat e-mail untuk berhenti
4.      Kosongkan subyek dan isi surat
5.      Klik tombol “Send”
6.      Tunggu hingga datang e-mail konfirmasi. Bukalah e-mail konfirmasi tersebut.
7.      Klik tombol “Reply”
8.      Klik tombol “Send”
  
6.2.6 Etika dalam Milis
 Etika berkirim e-mail di atas juga berlaku untuk mengirim e-mail dalam milis. Berikut ini beberapa pelanggaran etika milis yang sering terjadi:
 1.      Tidak mengganti subyek saat diskusi sudah berganti topik
         Hal ini sering terjadi karena pengirim lupa mengganti subyek atau menganggap hal tersebut masalah sepele. Hal ini bisa membuat anggota milis lain menjadi kesal.
 2.      Mengirim file besar kepada teman/rekan kerja
5.1 Browser

Informasi yang terdapat di dalam internet ditempatkan di halaman-halaman web. Halaman web tersebut merupakan file yang ditulis dengan menggunakan kode-kode yang disebut kode HTML. Kode-kode HTML dapat dibaca oleh komputer dengan program yang disebut “browser”.

Selain dalam bentuk halaman web, informasi juga disimpan dalam bentuk file-file dokumen, seperti dokumen Word (.doc), Rich Text File (.rtf), PDF (.pdf) dan lain-lain. Informasi dalam bentuk gambar biasanya disimpan dalam bentuk JPG dan GIF.

Saat ini dikenal beberapa browser. Yang paling banyak digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer. Kedua program ini dapat dijalankan di komputer yang mempunyai sistim operasi Windows.

5.1.1 Menjalankan Browser

Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet. Ketika menjalankan browser dan memasukkan suatu alamat web, maka browser akan mendownload halaman web tersebut, dan menampilkan informasinya di komputer kita.

Untuk menjalankan Internet Explorer adalah sebagai berikut:
1.      Klik menu “Start”.
2.      Pilihlah “Program”, maka akan muncul daftar program di layer.
3.      Klik “Internet Explorer”

Bagian-bagian Browser

Tampilan browser Internet Explorer mirip dengan program Windows lainnya, yaitu mempunyai title bar, menu bar, toolbar, status bar, dan sebagainya. Satu hal yang beda adalah adanya address bar atau bar alamat. Pada bar alamat inilah alamat website yang kita kunjungi muncul atau kita tuliskan.

Title Bar

Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas. Paling kiri berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan. Pada bagian sebelah kanan berisi kontrol untuk jendela Internet Explorer, yaitu Minimize, Maximize dan Close.

Menu Bar

Menu bar adalah tempat menu-menu. Setiap menu memuat perintah tertentu yang dikelompokkan berdasarkan fungsi-fungsinya. Menu yang terdapat di jendela Internet Explorer antara lain File, Edit, View, Favorites, Tools dan Help.

Toolbar

Toolbar memuat tombol-tombol perintah, antara lain Back, Forward, Home, Search, History, Mail, Print, dan lain-lain.

Address Bar

Address Bar atau bar alamat adalah kotak dimana alamat website ditampilkan. Address Bar ini dilengkapi sebuah tombol di bagian ujung kanan yang apabila di klik maka akan menampilkan alamat-alamat web yang dikunjungi terakhir kali.

Status Bar

Status Bar terdapat di bagian bawah. Status Bar ini menampilkan kemajuan proses saat browser mendownload sebuah website. Kemajuan ini ditampilkan dalam bentuk kotak-kotak persegi kecil, yang bertambah jumlahnya sesuai kemajuan proses mendownload.
 Task Pane

Task Pane muncul di bagian kiri apabila kita klik Search, Favorites dan History.


5.1.2 Istilah-istilah Dasar Internet

Intranet

Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Biasanya digunakan di dalam suatu perusahaan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam perusahaan tersebut.

Browser atau Web Browser

Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet.

HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Mark-up Language. Setiap halaman di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML (.htm).

Server

Komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (komputer client) disebut server. Di internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari suatu website.

  
Client

Komputer client adalah komputer yang menerima layanan.

Bandwidth

Ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu disebut bandwidth. Satuan untuk bandwidth adalah megabit per second (Mbps) atau kilobit per second (kbps).

Search Engine

adalah program di dalam website untuk mencari informasi.

URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah sistim pemberian nama alamat website.

Website

Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait. Website juga dikenal dengan sebutan situs, situs web, site atau portal.

Homepage

Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website disebut homepage.

Web Page

Web page merupakan istilah untuk sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm).

Hypertext Link (Hyperlink) atau Link

Link adalah sebuah teks, gambar atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Untuk mengetahui sebuah teks itu merupakan link atau tidak, dapat dilakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, berarti teks tersebut merupakan link.

ISP atau Internet Service Provider

ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet.

Program Dial-Up

Program dial-up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem, dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP).

Off-line

Off-line adalah kondisi dimana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus.

Online

Online adalah kondisi dimana komputer kita ke internet dalam keadaan tersambung

Login

Beberapa halaman web hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Caranya yaitu dengan memasukkan user ID dan password. Proses inilah yang disebut login.

Logout

Logout adalah kebalikan dari login. Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web.

Protokol

Protokol adalah aturan-aturan untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya ada protokol untuk mengirim pesan ke komputer lain, untuk mengirim email, dan sebagainya.

HTTP atau HyperText Transfer Protocol

HTTP adalah protokol untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protokol HTTP.

POP atau Post Office Protocol

POP adalah protokol untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP.

Download

Download adalah proses pengambilan file dari komputer server ke komputer kita (komputer client).

Upload

Proses penempatan file dari komputer kita ke komputer server disebut upload.
 Freeware

Freeware adalah program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis.

  Shareware

Share merupakan program di internet yang dapat kita download dan kita gunakan untuk jangka waktu tertentu.

GIF atau Graphical Interchange Format

GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil.

JPEG atau Joint Photographic Experts Group

JPEG juga merupakan format gambar yang banyak digunakan di internet. File JPEG mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan GIF.

SPAM

SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail berantai, iklan dan lainnya.


5.1.3 Alamat Website

Setiap website di internet mempunyai alamat tertentu. Alamat website merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host dan nama domain.


1.      http                                    :     protokol yang digunakan
2.      www                                 :     nama komputer host
3.      itb                                      :     nama domain level kedua
4.      ac.id                                  :     nama domain level pertama
5.      pascasarjana                      :     nama direktori
6.      syarat_pendaftaran.htm    :     nama file

5.1.4 Mengunjungi Website

Kita dapat mengunjungi suatu website bila kita mengetahui alamat website tersebut, atau terdapat sebagai link di sebuah halaman web.

Cara mengunjungi suatu website:

1.      Jalankan Internet Explorer
2.      Klik di bar alamat untuk meletakkan kursor mouse di bar alamat
3.      Ketiklah alamat website yang akan dikunjungi, kemudian tekan tombol “Enter” di keyboard.
4.      Tunggulah sampai website tersebut ditampilkan.
5.      Klik link-link yang terdapat di halaman web tersebut sesuai dengan informasi yang diinginkan.
5.1.5 Mengatur Internet Options

Kita dapat mengatur agar setiap kali browser dijalankan, browser akan langsung menampilkan website tertentu. Caranya adalah dengan menjadikan alamat website tersebut sebagai alamat default.

1.      Klik menu “Start”
2.      Klik “Setting”
3.      Klik “Control Panel”
4.      Carilah ikon Internet Options. Klik ikon tersebut, maka akan muncul kotak dialog Internet Properties.
5.      Klik tab General
6.      Di bagian Homepage, di kotak teks address, masukkan alamat website yang ingin dijadikan default.
7.      Klik tombol “OK”


5.1.6 Berhenti dan Mengulangi Loading Halaman Web

Pada saat browser sedang meloading sebuah halaman web, kadang proses menjadi lama atau sangat lambat. Bila hal ini terjadi, maka proses loading harus dihentikan dan diulangi dari awal.

Menghentikan proses loading dapat dilakukan dengan cara mengklik tombol “Stop” di toolbar.


5.1.7 Menjalankan Beberapa Jendela Browser

Membuka beberapa jendela browser sekaligus dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.      Jalankan browser dan masukkan alamat website pertama.
2.      Sebelum website pertama tampil, klik menu “File”, pilihlah “New” dan klik “Window”. Sebuah jendela browser yang baru akan ditampilkan.
3.      Pada jendela browser yang baru, klik tombol “Stop”.
4.      Masukkan alamat website kedua
5.      Lakukan langkah yang sama jika ingin membuka website berikutnya.
6.      Bila ingin kembali ke jendela pertama, klik tab jendela browser tersebut di taskbar.

Membuka beberapa jendela browser sekaligus akan menghemat waktu karena tak perlu diam menunggu website tertentu tampil.

  
5.1.8 Menambahkan Daftar Website ke Favorites

Pada saat menjelajahi internet kita bisa saja menemukan sebuah website baru yang menarik atau penting. Cara menyimpan alamat website tersebut adalah sebagai berikut.

1.      Tampilkanlah jendela browser dengan website yang ingin ditambahkan ke Favorites di layer monitor.
2.      Klik tombol Favorites. Task pane Favorites akan ditampilkan di jendela browser.
3.      Klik tombol Add. Kotak dialod Add Favorite akan ditampilkan.
4.      Di kotak teks Name, berilah nama dari alamat website yang ingin kita tambahkan ke Favorites.
5.      Untuk memilih Folder tempat penyimpanan, klik tombol Create in.
6.      Pilihlah folder penyimpanan. Bila kita ingin membuat folder baru, klik tombol New Folder.
7.      Klik tombol OK.

5.1.9 Menampilkan Website dari favorites

Bila ingin menampilkan website yang alamatnya sudah disimpan di Favorites, kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.      Klik tombol Favorites. Task pane Favorites akan muncul.
2.      Klik folder tempat kita menyimpan alamat yang ingin ditampilkan.
3.      Klik nama dari alamat yang ingin ditampilkan.
  
5.1.10 Mengatur Alamat Website di Favorites

Alamat-alamat website di Favorites perlu diatur untuk memudahkan penemuan alamat. Caranya adalah sebagai berikut:

1.      Klik tombol Favorites di toolbar. Kemudian klik tombol Organize.
2.      Lakukan pengaturan berikut:

                Membuat folder baru
         1)      Klik “Create Folder”
         2)      Gantilah nama folder sesuai keinginan kita

                Menghapus folder atau alamat website
         1)      Untuk menghapus sebuah folder atau alamat website, pilihlah folder atau website tersebut.
         2)      Klik tombol “Delete”. Konfirmasi penghapusan akan ditampilkan.
         3)      Klik “Yes”.

                Memindahkan folder atau alamat website
         1)      Pilihlah folder atau web yang akan dipindahkan
         2)      Klik tombol “Move to Folder”
         3)      Pilihlah folder tempat folder atau alamat akan dipindahkan
         4)      Klik tombok “OK”.

                Mengubah nama folder atau alamat website
         1)      Pilihlah alamat atau folder yang akan diubah namanya
         2)      Klik “Rename”
         3)      Berilah nama baru

3.      Untuk menutup kotak dialog Organize Favorites, klik tombol “Close”.


5.1.11 Melihat Halaman Web yang Dikunjungi Terakhir

Untuk melihat alamat website yang dikunjungi terakhir adalah sebagai berikut:

1.      Klik tombol “History” di toolbar. Akan muncul task pane “History”.
2.      Di task pane, kliklah waktu yang diinginkan, misalnya seminggu terakhir (last week).
3.      Jika ingin menampilkan website di dalam History, kliklah website tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar